Rani Fitria. S (Nim:2410.079)
PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA di STAIN SYEKH M.JAMIL JAMBEK

Selasa, 29 Januari 2013

RPP KLP dari SK 1 - SK 3





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Oleh :
      Ira Syafitri    (2410. 086)
Dosen Pembimbing:
IMAMUDDIN, M.Pd
PROGAM STUDI MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH. M DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.                   IDENTITAS
Satuan Pendidikan                        : SMA N 1 Kec.Akabiluru,payakumbuh
Kelas /Semester                 : X/ganjil
Mata Pelajaran                  : Matematika
Alokasi Waktu                  1 x pertemuan (2 x 4menit)
Standar Kompetensi         : 2.Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi,  persamaan dan fungsikuadrat serta pertidaksamaan kaudrat.
Kompetensi Dasar             :  1. Memahami konsep fungsi.
Indikator                           : 1. Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
2. mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Tujuan Pembelajaran        : 1. Peserta didik dapat membedakan relasi yang merupakan   fungsi dan yang bukan fungsi.
2. peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi kuadrat.
II.               Materi Ajar
A.   Konsep  (Pada pertemuan 1)
Defenisi fungsi
Fungsi atau pemetaan  dari himpunan ke himpunan adalah suatu aturan yang memasangkan setiap anggota ke tepat satu anggota B.
Suatu relasi merupakan fungsi jika dalam relasi itu tidak ada pasangan terurut yang memiliki absis sama.
1.      Jenis – Jenis Fungsi
a.       Fungsi Konstan
Definisi: fungsi  merupakan fungsi konstan jika untuk setiap x bilangan real dan suatu konstanta, berlaku f(x) = k
b.      Fungsi Identitas
Definisi: fungsi merupakan fungsi identitas jika untuk setiap x ϵ Df berlaku f(x) = x
Fungsi identitas dinotasikan dengan I.
c.       Fungsi Linier
Definisi: fungsi merupakan fungsi linier jika untuk setiap x ϵ R berlaku f(x) = ax + b dengan a, b ϵ R dan a ≠ 0
d.      Fungsi Kuadrat
Misalnya R adalah himpunan bilangan real. Suatu fungsi f dengan f : R→R merupakan fungsi kuadrat jika  ditentukan oleh f(x) = ax2 + bx + c dengan a, b, c ϵ R dan a ≠ 0.
B.   Fakta
1.Nyatakan relasi berikut apakah merupakan fungsi atau bukan fungsi beserta alasannya!
Oval: . k
. l
. m

Oval: a  .
b  .
c   .
d  .

Oval: . k
. l
. m

Oval: a  .
b  .
c   .
d  .

Oval: a  .
b  .
c   .
d  .

Oval: . k
. l
. m

A        f            B                     A         g          B                     A         h          B
                                                                                        
                                                           
Jawab:
  1. Relasi f dan g merupakan fungsi karena setiap anggota himpunan A dihubungkan dengan tepat satu anggota himpunan B
  2. Relasi h bukan merupakan fungsi karena terdapat satu anggota himpunan a, yaitu c yang tidak memiliki kawan di B
2.Tentukan domain, kodomain, dan range dari fungsi f yang ditunjukkan oleh diagram panah di bawah!
Oval:   .1
  .2
  .3
  .4
  .5     

Oval: a  .
b  .
c   .
d  .

A                f                B                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Jawab:
  1. Himpunan A = {a, b, c, d} merupakan daerah asal atau domain dari fungsi f yaitu
Df = {a, b, c, d}
  1. Himpunan B = {12345} merupakan daerah kawan atau kodomain dari fungsi f, yaitu Kf = {12345}
  2. Range atau wilayah hasil dari fungsi f adalah Rf = {123}
III.             Metode Pembelajaran
o   Tanya Jawab
o   Ceramah
o   Pemberian Tugas
o    
IV.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-
KEGIATAN
WAKTU
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
13
Kegiatan Awal
·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
Apersepsi
·      Pendidik mengajukan pertanyaan tentang pengetahuan peserta didik tentang materi yang akan dipelajari
Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Pendidik memberikan stimulus berupa pemberian materi
Elaborasi
·      Pendidik memberikan latihan mengenai membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi
Konfirmasi
·      Pendidik melakukan observasi terhadap pekerjaan peserta didik
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari
Kegiatan Penutup
·      Pendidik bersama peserta didik membuat rangkuman dari materi pembelajaran
·      memberikan PR yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari
·      pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)         
·      Peserta didik menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh pendidik
·      Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik
·      Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan oleh pendidik
·      Peserta didik memperhatikan penguatan yangdiberikan oleh pendidik
·      Peserta didik diberi tugas dirumah dari buku paket
·      Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik
15 menit
10 menit
60 menit
5 menit
V.                Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.
V.1 Penilaian
-        Jenis    : tugas individu
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
1.      Diantara relasi-relasi berikut manakah yang merupakan fungsi?
a.       = {(a,1), (b,2), (c,3), (d,4)}
b.      = {(a,1), (b,1), (c,1), (d,1)}
c.       h = {(a,4), (a,1), (a,2), (a,3)}
d.      = {(a,4), (b,4), (c,4), (d,4)}
2.      tentukan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari setiap fungsi pada soal nomor 1.
3.      Misalnya : R®R merupakan suatu fungsi yang ditentukan oleh f(x) = -2 untuk setiap x Î R.
a.       Tentukan f(-2), f(-1), f(0), f(1), f(2), dan f(c)
b.      Tentukan daerah asal dan daerah hasil fungsi tersebut
Kunci jawaban dan skor:
no
Kunci Jawaban
Skor
1
2
3
a.    Fungsi
b.    Fungsi
c.    Bukan fungsi
d.   Fungsi
Df = {a, b, c, d}
Kf = {1, 2, 3, 4}
a.       Rf = {1, 2, 3, 4}
b.      Rf = {1}
c.       
d.      R= {4}
a.       Diketahui bahwa f(x) = -2 untuk x Î R yang berarti f : R®R merupakan fungsi konstan.
Berdasarkan definisi fungsi konstan, jika f(x) = -2, maka
 f(-2)=(-1)=f(0)=f(1)=f(2)=f(c)= -2
b.      Karena f(x) = -2 untuk x Î R, maka daerah asal dan daerah hasil fungsi tersebut berturut-turut adalah Df = {xΠR} dan Rf = {-2}
5
5
10
10
VII.Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.                   IDENTITAS
Satuan Pendidikan                        : SMA N 1 Kec.Akabiluru,payakumbuh
Kelas /Semester                 : X/ganjil
Mata Pelajaran                  : Matematika
Alokasi Waktu                  1 x pertemuan (2 x 4menit)
Standar Kompetensi         : 2.Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi,  persamaan dan fungsikuadrat serta pertidaksamaan kaudrat.
Kompetensi Dasar             : 1. Menggambar grafik fungsi kuadrat.
 Indikator                            : 1.Menggambar grafik fungsi kuadrat.
Tujuan Pembelajaran          : 1.Peserta didik dapat menggambar grafik fungsi kuadrat.
II.                Materi Ajar
A.    Konsep
Bentuk umum fungsi kuadrat adalah f(x) = ax+ bx + c dengan a, b, cΠR dan a≠ 0.Untuk membuat sketsa grafik fungsi kuadrat f(x) = ax+ bx + c secara umum dapat ditempuh langkah-langkah berikut.
1)        Titik potong grafik dengan sumbu koordinat
a)    Titik potong dengan sumbu X
Titik potong dengan sumbu X di peroleh jika y = f(x) = 0.                                      
Dengan demikian, didapatkan ax+ bx + c = 0. Absis titik potong dengan sumbu X diperoleh dari akar-akar persamaan kuadrat tersebut.
b)   Titik potong dengan sumbu Y
Titik potong dengan sumbu Y diperoleh jika x = 0. Dengan demikian, didapatkan y = a(0)+ b(0) + c = c. jadi, titik potong grafik f(x) = ax+ bx + c dengan sumbu Y adalah (0,c).
2)      Sumbu simetri
Sumbu simetri dari parabola f(x) = ax+ bx + c adalah x = 
3)      Nilai maksimum atau minimum fungsi
Fungsi  f(x) = ax+ bx + c mempunyai nilai minimum jika a > 0 dan mempunyai nilai maksimum jika a < 0. Nilai maksimum atau minimum f(x) ditentukan oleh rumus y = 
4)      Koordinat titik puncak
Koordinat titik puncak parabola yang ditentukan oleh fungsi f(x) = ax+ bx + c adalah P( , ).
B.     Fakta
Gambarlah grafik fungsi kuadrat f(x) = x2 – 6x + 5!
Jawab:
f(x) = x2 – 6x + 5 ® nilai koefisien a = 1, b = -6 dan c = 5
1)      Titik potong dengan sumbu koordinat
(a)    Titik potong dengan sumbu X ® y = 0, maka
x2 – 6x + 5 = 0
(x-1) (x-5)  = 0
x = 1 atau x = 5
jadi, titik potong grafik dengan sumbu X adalah (1,0) dan (5,0)
(b)   Titik potong dengan sumbu Y ® x = 0, maka
Y = f(0) = (0)2 – 6(0)+ 5 = 5
Jadi, titik potong grafik dengan dengan sumbu Y adalah (0,5)
2)      Persamaan sumbu simetri x =  =  = 3
3)      Koordinat titik puncak
4)      (xp,yp) = ( , )
= ( , )
= (3,-4)
III.             Metode Pembelajaran
o   Tanya Jawab
o   Ceramah
o   Pemberian Tugas
IV.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-
KEGIATAN
WAKTU
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
14
Kegiatan Awal
·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
Apersepsi
·      Pendidik meminta peserta didik mengerjakan PR minggu lalu untuk dibahas secara bersama
Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menggambar grafik fungsi kuadrat
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Pendidik memberikan stimulus berupa pemberian materi
Elaborasi
·      Pendidik memberikan latihan mengenai menggambar grafik fungsi kuadrat
Konfirmasi
·      Pendidik melakukan observasi terhadap pekerjaan peserta didik
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari
Kegiatan Penutup
·      Pendidik bersama peserta didik membuat rangkuman dari materi pembelajaran
·      memberikan PR yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari
·      pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)      
·      Peserta didik mempersentasekan PR yang telah dibuat
·      Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik
·      Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan oleh pendidik
·      Peserta didik memperhatikan penguatan yangdiberikan oleh pendidik
·      Peserta didik diberi tugas dirumah dari buku paket
·      Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik
15 menit
10 menit
100 menit
10 menit
V.                Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.
VI.             Penilaian
-        Jenis    : tugas individu
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
Sketsalah grafik fungsi kuadrat dengan persamaan kurva :
1.      y = x2 – 4x – 5
2.      y = -x2 + 2x +3
Kunci jawaban dan skor:
no
Kunci jawaban
skor
1
2
·       y = x2 – 4x – 5 ; a = 1, b = -4, c = -5
·       a =1 >0 => kurva terbuka ke atas, memiliki titik balik minimum
·       D = b2 – 4ac = (-4)2 – 4(1)(-5) = 36 > 0, kurva memotong sumbu X di dua titik
·       Perpotongan dengan sumbu X, y = 0
   x2 – 4x – 5 = 0
(x+1) (x – 5) = 0
X = -1 atau x = 5
Titik (-1,0) dan (5,0) dilalui kurva.
·       Perpotongan dengan sumbu Y, x = 0
y = 0 – 0 – 5 = -5
titik (0,-5) dilalui kurva
·       Persamaan sumbu simetri: x =  =  = 2
·       Nilai balik minimum:  =  = -9
Jadi koordinat titik balik minimum (2,-9)
·      Berdasarkan data-data diatas, sketsa grafik fungsi kuadrat dengan persamaan kurva y = x2 – 4x – 5 adalah:
y = -x2 + 2x +3
·      Titik potong dengan sumbu koordinat
Þ tipot grafik dengan sumbu X, y = 0
-x2 + 2x +3 = 0
x2- 2x -3 = 0
(x-3) (x+1) = 0
x = 3 atau x = -1
jadi, tipot grafik dengan sumbu X adalah (-1,0) dan (3,0)
Þ  tipot grafik dengan sumbu Y, x = 0
-(0)2 + 2(0) +3 = 3
Jadi, tipot grafik dengan sumbu Y adalah (0,3)
·      Persamaan sumbu simetri
x =  =  = 1
·       Koordinat titik puncak
·       Ordinat titik puncak diperoleh dengan mensubstitusikan nilai
x =1 ke persamaan fungsi kuadrat, yaitu
y = f(1) = -(1)2 + 2(1) +3 = 4. Sehingga koordinat titik puncaknya adalah (1,4). Karena nilai a < 0, maka titik puncak tersebut berupa titik balik maksimum.
Grafik y = -x2 + 2x +3 adalah:
50
50
VII.          Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA Kelas X Tentang Fungsi, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat Pertemuan 3-12 KD 2.3-2.6

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu tugas semester pada mata kuliahPerencanaan Pembelajaran Pendidikan Matematika



Oleh :
MELDA YANTI
2410.072

JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN )
SJECH M.DJMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2012/2013












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  1. Identitas
Satuan Pendidikan           : SMA
Mata Pelajaran                 : Matematika
Kelas / Semester               : X / 1
Jumlah Pertemuan            : 1 x pertemuan (2 x 45)
Standar Kompetensi  : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan, dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar    : 3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
Indikator                            :             1. Mendefinisikan persamaan kuadrat
                                     2. Menentukan akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran,  melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc
         Tujuan Pembelajaran         :          1. Siswa dapat memahami definisi dari persamaan kuadrat
2. Siswa dapat menentukan akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc
  1. Materi Ajar
A.       Konsep
 Bentuk umum persamaan kuadrat adalah  dengan a,b,c bilangan real dan a0
B.        Fakta
Sebuah bola yang ditendang sehingga lintasannya membentuk kurva parabola dengan persamaan h(t) = -1,375 . Dari fungsi y = h(t) yang menyatakan tinggi boladapat ditentukan waktu bola jatuh atau ditentukan waktu bola tersebut berada pada ketinggian tertentu sehingga pemain dapat menyundulnya.

C. Prinsip
a.             Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara memfaktorkan
1)      Memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c dengan a = 1
Untuk memfaktorkan bentuk x2 + bx + c, diperlukan nilai m dan n yang memenuhi m + n = b dan mn = c. secara umum dapat dituliskan sebagai berikut:
                   x2 + bx + c = (x+m) (x+n)
                   dengan m + n = b dan mn = c
2)      Menggunakan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan
Untuk memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c, diperlukan nilai m dan n yang memenuhi m + n = b dan mn = ac. Secara umum dapat dituliskan sebagai berikut:
                   ax2 + bx + c =  (ax + m) (ax + n)
dengan m + n = b dan mn = ac
b.            Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat
Penyelesaian dengan melengkapkan bentuk kuadrat dilakukan dengan cara mengubah bentuk ax2 + bx + c = 0 ke bentuk (x + p)2 = q. hal yang mendasari penggunaan cara ini adalah dengan mengubah ruas kiri persamaan, ax2 + bx + c, menjadi bentuk kuadrat sempurna.
c.             Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadrat
Jika xdan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat ax2 + bx + c= 0, dengan a ≠ 0. Maka nilai xdan x2 dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut:
x1,2 = 
D. Prosedur
1.   Tentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat x+ 2x – 15 = 0 dengan cara memfaktorkan
Jawab:
x+ 2x – 15 = 0
x+ 2x – 15 = (x+m) (x+n), dengan m + n = 2, mn = -15
nilai m dan n yang mungkin adalah 5 dan -3, sehingga
x+ 2x – 15 = 0
(x+5) (x-3) = 0
x = -5 atau x = 3
jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {-5,3}
2.   Dengan cara melengkapkan kuadrat, tentukan penyelesaian dari persamaan
x2 – 2x – 4 = 0
Jawab:
x2 – 2x – 4 = 0
mula-mula pindahkan konstanta (-4) ke ruas kanan, sehingga x2 – 2x = 4, kemudian tambahkan kedua ruas dengan ()= 1, sehingga diperoleh:
x– 2x + 1 = 4 + 1
(x – 1)2 = 5
(x – 1) = 
x = 1 +  atau x =  1 - 
3.      Dengan cara menggunakan rumus kuadrat tentukan penyelesaian dari persamaan kuadrat x2 + 3x – 4 = 0
Jawab:
x2 + 3x – 4 = 0, koefisien dari x2 adalah a = 1, koefisien dari x adalah b = 3, dan suku tetap c = -4
x1,2 =  =   = 
             = 
x= 1 atau x2 =  = -4
jadi, penyelesaiannya adalah 1 dan -4

  1. Metode Pembelajaran
o   Pendekatan STAD
o   Ceramah
o   Tanya jawab
o   Diskusi kelompok
o   Penugasan

  1. Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-
KEGIATAN
WAKTU
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
3
Kegiatan Awal
·   Berdoa sebelum belajar




·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
1.      Apersepsi
·      Pendidik meminta peserta didik mengerjakan PR minggu lalu untuk dibahas secara bersama
2.      Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menentukan akar persamaan kuadrat
3.      Tujuan
Pendidik mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap peserta didik.
4.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pembelajaran kooperatif STAD).
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Pendidikmemberikan informasi dengan metode pembelajaran langsung mengenai materi yang sipelajari secara garis besar. (tanggung jawab)
·         Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang mana tiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang dan meminta peserta didik duduk pada kelompoknya masing-masing
·         Pendidik membagikan bahan-bahan diskusi kelompok mengenai defenisi persamaan kuadrat dan menentukan akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dan rumus abc pada setiap kelompok untuk dikerjakan oleh anggota setiap kelompok (Tanggung jawab)
Elaborasi
·         Pendidik memotivasi, memfasilitasi kerja peserta didik, membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam kelompok belajar.
·         Pendidik meminta pada tiap-tiap anggota kelompok untuk menyelesaikan latihan yang ada di bahan tersebut


Konfirmasi
·      Pendidik meminta perwakilan dari masing-masing anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
·      Pendidik melakukan observasi dan membimbing terhadap pekerjaan peserta didik
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari


·      Pendidik memberikan tes/kuis kepada setiap peserta didik secara individual.

Kegiatan Penutup
·      Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang dibahas

·      Pendidik meminta peserta didik untuk mengerjakan latihan di buku Buku paket matematika kelas X penerbit erlanggahal. 23 di rumah
·      Pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya

·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)         






·      Peserta didik mempersentasekan PR yang telah dibuat

















·      Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik (menghargai)


·      Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya masing-masing





·      Tiap-tiap kelompok menerima bahan-bahan diskusi tentang defenisi persamaan kuadrat danmenentukan akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dan rumus abc.(demokratis,komutatif)



·         Peserta didik membahas dan mendiskusikan bahan-bahan yang diperoleh. (kerja sama,rasa ingin tahu)


·         Peserta didik menyelesaikan latihan yang ada di bahan tersebut.(tanggung jawab)

·         Tiap-tiap anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
·         Peserta didik memperhatikan ke depan

·         Peserta didik memperhatikan penguatan yang diberikan oleh pendidik

·         Peserta didik mengerjakan soal kuis yang diberikan


·         Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran di bawah bimbingan pendidik
·         Peserta didik memperhatikan apa yang diinstruksikan pendidik (menghargai)
·         Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik


15 menit


































65 menit





























































20 menit


  1. Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.

  1. Penilaian
-        Jenis    : tugas kelompok
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
1.      Selesaikan persamaan kuadrat berikut dengan faktorisasi
a.       x– 9 = 0
b.      x2 – x – 6 = 0
2.      Selesaikan persamaan kuadrat berikut dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
a.       x+ 2x – 8 = 0
b.      3x2 – 6x – 2 = 0
3.      Selesaikan persamaan kuadrat berikut dengan menggunakan rumus abc
3x– 2x – 8 = 0
Kunci jawaban dan skor:
no
Kunci jawaban
skor
1.a


1.b




2.a








2.b










3
x– 9 = 0
(x+3) (x – 3) = 0
x+3 = 0 atau x – 3 = 0
x = -3 atau x = 3

x2 – x – 6 = 0
(x- 3) (x + 2) = 0
x- 3 = 0 atau x + 2 = 0
x = 3 atau x = -2

x+ 2x – 8 = 0
x+ 2x  = 8
x+ 2x  + (1)= 8 + (1)2
x+ 2x  + 1 = 9
( x + 1 )2 = 9
 x + 1 =  3
 x + 1 = 3 atau  x + 1 = - 3
x = 2 atau x = -4

3x2 – 6x – 2 = 0
3x2 – 6x = 2
x– 2x = 
x– 2x + (-1)2 = (-1)2
x– 2x + 1 = 
( x – 1 )2 = 
x – 1 =   =  
x – 1 =  atau x – 1 = - 
x = 1 +  atau x = 1- 
3x– 2x – 8 = 0
x1,2 = 
      = 
     = 
     = 
x1 = 2 atau x2 = 
20



20




20








20










20



  1. Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100



Mengetahui                                                                            Bukittinggi, Januari 2013
Kepala sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran


      ( ............................... )                                                                  ( ............................... )
NIP/NIK:………………..                                                                 NIP/NIK:…………..























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  1. Identitas
Satuan Pendidikan           : SMA
Mata Pelajaran                 : Matematika
Kelas / Semester               : X / 1
Jumlah Pertemuan            : 1 x pertemuan (3x 45)
Standar Kompetensi  : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan, dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar    : 3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
            Indikator                          : 2.      Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
Tujuan Pembelajaran       :    Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
Kemampuan Prasyarat      :  Siswa dapat menyebutkan definisi dari himpunan
  1. Materi Ajar
A.    Konsep
Untuk menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dapat digunakan langkah-langkah sebagai berikut:
1)        Ubah pertidaksamaan kuadrat ke dalam bentuk baku atau bentuk persamaan kuadrat yang berpadanan, yaitu dengan mengubah ruas kanan menjadi sama dengan nol.
2)        Tentukan nilai pembuat nol atau akar-akar persamaan kuadrat yang bersesuaian sebagai batas-batas penyelesaian.
3)        Lukiskan nilai pembuat nol yang diperoleh pada garis bilangan.
4)        Substitusikan sembarang bilangan pada pertidaksamaan untuk menentukan tanda interval pada masing-masing bagian interval pada garis bilangan.
5)        Interval yang memiliki tanda yang sesuai dengan tanda pertidaksamaan merupakan himpunan penyelesaian yang dicari.
B.     Fakta
Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat 2x2 – x – 1 < 0 !
Jawab:
          2x2 – x – 1 < 0
           2x2 – x – 1 = 0
( 2x + 1 ) ( x – 1 ) = 0
x = -  atau x = 1
x = -2 2(-2)2 – (-2) – 1 = 9                               +    +    °-                    °1+ +
x = 0  2(0)2 – (0) – 1 = -1
x = 2 2(2)2 – (2) – 1 = 5
dari gambar di atas, interval yang memenuhi pertidaksamaan 2x2 – x – 1 < 0 adalah
 < x < 1.
Jadi himpunan penyelesaiannya adalah { x ׀ -  < x < 1, x Î R }.
  1. Metode Pembelajaran
o   Pendekatan tipe TAI
o   Tanya Jawab
o   Ceramah
o   Diskusi kelompok
o   Penugasan








  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-
KEGIATAN
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
4
Kegiatan Awal
·  Berdoa sebelum belajar




·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
1.   Apersepsi
·      Pendidik meminta peserta didik mengerjakan PR minggu lalu untuk dibahas secara bersama
2.Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
3.      Tujuan
Pendidik mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap peserta didik.
4.      Pendidik menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pembelajaran kooperatif  TAI).
5.      Pendidik  mengecek kemampuan prasyarat peserta didik dengan cara tanya jawab
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Pendidik menginformasikan pengelompokan siswa. Setiap kelompok terdiri dari
4 sampai dengan 5, siswa dengan kemampuan akademik yang heterogen
·   Pendidik memberikan stimulus berupa pemberian materi
·      Pendidik menyuruh peserta didik mengerjakan latihan secara individu mengenai menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat yang ada di LKS (tanggung jawab,kreatif)
Elaborasi
·      Pendidik melakukan observasi terhadap pekerjaan peserta didik
·      Pendidik menginformasikan kepada peserta didik agar menuju ke kelompok belajar yang telah ditentukan anggotanya dengan membawa hasil penyelesaian soal-soal yang telah dikerjakan peserta didik secara individual.
·      Pendidik membimbing peserta didik dalam kelompok apabila terdapat beberapa kendala.



Konfirmasi
·      Pendidik meminta perwakilan dari masing-masing anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari


Kegiatan Penutup
·      Pendidik mengadakan kuis secara individu mengenai materi yang telah dipelajari
·      Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang dibahas
·      pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya

·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah) (religious)     







·      Peserta didik mempersentasekan PR yang telah dibuat

























·      Peserta didik mendengarkan kelompok-kelompoknya.(menghargai)


·      Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik (menghargai)


·      Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan oleh pendidik (rasa ingin tahu,kerja keras)











·      Peserta didik menuju ke kelompok belajar sesuai dengan
kelompok yang telah diinformasikan guru




·      Peserta didik mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman satu kelompok
dengan cara saling memeriksa, mengoreksi dan memberikan masukan.(demokratis,komutatif,kerja sama)

·         Tiap-tiap anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok. (kreatif)

·      Peserta didik memperhatikan penguatan yangdiberikan oleh pendidik



·      Peserta didik mengerjakan soal kuis yang diberikan

·      Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran di bawah bimbingan pendidik
·      Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik

  1. Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.
  1. Penilaian
-        Jenis    : kuis
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan berikut:

1.    2x2 – 3x – 4 ≥ x+ x + 1
2.    (2x – 1) (x + 3) > 0
Kunci jawaban dan skor:
no
Kunci jawaban
Skor
1










2
2x2 – 3x – 4 ≥ x+ x + 1
2x2 – 3x – 4 - x- x – 1 ≥ 0
x– 4x – 5 ≥ 0
x– 4x – 5 = 0
(x – 5) (x + 1) = 0
x = 5 atau x = -1
x = -2  (-2)– 4(-2) – 5 = 7
x = 0  (0)– 4(0) – 5 = -5
x = 6  (6)– 4(6) – 5 = 7
jadi, himpunan penyelesaian dari 2x2 – 3x – 4 ≥ x+ x + 1 adalah
{ x ׀ x ≤ -1 atau x ≥ 5, x Î R }
(2x – 1) (x + 3) > 0
(2x – 1) (x + 3) = 0
x =  atau x = -3
x = -4 (2(-4) – 1) ((-4)+ 3) = 9
x = 0 (2(0) – 1) ((0)+ 3) = -3
x = 1 (2(1) – 1) ((1)+ 3) = 4
jadi, himpunan penyelesaian dari (2x – 1) (x + 3) > 0 adalah
{ x ׀ x < -3 atau x> , x Î R }
50










50

  1. Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100



Mengetahui                                                                            Bukittinggi, Januari 2013
Kepala sekolah                                                                         Guru Mata Pelajaran


      ( ............................... )                                                                  ( ............................... )
NIP/NIK:………………                                                                   NIP/NIK:…………..
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  1. Identitas
Satuan Pendidikan      : SMA
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : X / 1
Jumlah Pertemuan       : 1 x pertemuan (2 x 45)
Kegiatan                      : UH 4
Tujuan Pembelajaran  : Peserta didik dapat menjawab soal UH sesuai dengan materi yang telah dipelajari
  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-
KEGIATAN
WAKTU
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
5
Kegiatan Awal
·        Berdoa sebelum belajar



·       Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
Kegiatan Inti
Elaborasi
·      Pendidik memberikan ulangan harian sesuai dengan materi yang telah dipelajari
Kegiatan Penutup
·      pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya

·       Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah) (religious)      







·      Peserta didik mengerjakan soal ulangan yang diberikan oleh pendidik


·      Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik


15 menit







60 menit





15 menit

  1. Penilaian
-        Jenis    : ulangan harian
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
  1. Diketahui fungsi dengan aturan f(x) = 2x + 1 dengan daerah asal
D = {x ׀ 1 ≤ x ≤ 4, x  R }
a.       Tentukan nilai fungsi f untuk x = 1 , x = 2 , x = 3 , dan x = 4
b.      Gambarkan grafik fungsi tersebut pada bidang cartesius
c.       Berdasarkan jawaban b, tentukan daerah hasil fungsi f
  1. Gambarlah grafik fungsi kuadrat berikut:
a.       f(x) = x2 – 2x – 8
b.      f(x) = x2 + 6x + 9
  1.  
  1.  Tentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat x2 – 8x +16 = 0 dengan cara       memfaktorkan.
  2. Tentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat 2x2 – 4x – 3 = 0 dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna.
  3. Carilah akar persamaan x2 – 2kx – k2 = 0, k ≥ 0 dengan rumus abc, dan nyatakan hasilnya dalam k.
  1. Tentukan nilai x yang memenuhi  + 4 – x = 0.
Kunci Jawaban dan Skor:
no
Kunci Jawaban
Skor
1.a



1.b
1.c

2.a


















2.b



















3.a




3.b










3.c





4











Untuk x = 1, maka f(1) = 2(1) + 1 = 3
Untuk x = 2, maka f(2) = 2(2) + 1 = 5
Untuk x = 3, maka f(3) = 2(3) + 1 = 7
Untuk x = 4, maka f(4) = 2(4) + 1 = 9
Grafik:
Daerah hasil fungsi f adalah:
Rf = {y ׀ 3 ≤ y ≤ 9, y  R }
f(x) = x2 – 2x – 8
  • Titik potong dengan sumbu koordinat
ð  Tipot dengan sumbu X, maka y = 0
x2 – 2x – 8 = 0
(x-4)(x+2) = 0
X = 4 atau x = -2
Jadi, titik potong grafik dengan sumbu X adalah (-2,0) dan (4,0)
ð  Tipot dengan sumbu Y, maka x = 0
y = f(0) = (0)2 – 2(0) – 8 = -8
jadi, titik potong grafik dengan sumbu Y adalah (0,-8)
  • Persamaan sumbu simetri
x = -  = -  = 1
  • Koordinat titik puncak
( , - ) = ( , - )
                       = (1,-9)
Karena a > 0, maka titik puncak tersebut berupa titik balik minimum.
  • Grafik:

f(x) = x2 + 6x + 9
  • Titik potong dengan sumbu koordinat
ð  Tipot dengan sumbu X, maka y = 0
x2 + 6x + 9 = 0
(x+3)(x+3) = 0
x = -3
Jadi, titik potong grafik dengan sumbu X adalah (-3,0)
ð  Tipot dengan sumbu Y, maka x = 0
y = f(0) = (0)2 + 6(0) + 9 = 9
jadi, titik potong grafik dengan sumbu Y adalah (0,9)
  • Persamaan sumbu simetri
x = -  = -  = -3
  • Koordinat titik puncak
Ordinat titik puncak diperoleh dengan mensubstitusikan nilai x = -3 ke persamaan fungsi kuadrat, yaitu
y = f(-3) = (-3)2 + 6 (-3) + 9 = 0.
Karena a > 0, maka titik puncak tersebut berupa titik balik minimum.
  • Grafik:

 x2 – 8x +16 = 0
(x-4)(x-4) = 0
x = 4
jadi, HP = {4}

2x2 – 4x – 3 = 0
x2 – 2x -  = 0
x2 – 2x = 
x2 – 2x + 1 =   + 1
(x-1)2 = 
(x-1) =  
x = 1            
jadi, penyelesaian persamaan kuadrat tersebut adalah x = 1   atau x = 1  
x2 – 2kx – k2 = 0, k ≥ 0
x1,2
     = k  k
Sehingga akar-akar persamaan kuadrat tersebut adalah
x1 =  k  k    atau   x2 =  k  k

 + 4 – x = 0
x + 2 = (x – 4)2
x + 2 = x2 – 8x + 16
      0 = x2 – 9x + 14
      0 = (x - 7) (x – 2)
x = 7 atau x = 2
selanjutnya kita cek nilai x tersebut ke persamaan awal untuk:
x = 7, maka  - 7 + 4 = 0 (benar)
x = 2, maka  - 2 + 4 = 0 (salah)
jadi, penyelesaiannya adalah x = 7

25







25





































25






















25




  1. Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100

Mengetahui                                                                            Bukittinggi, Januari 2013
Kepala sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran


      ( ............................... )                                                                    ( ............................... )
NIP/NIK:………………                                                                    NIP/NIK:……………
















RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  1. Identitas
Satuan Pendidikan               : SMA
Mata Pelajaran                     : Matematika
Kelas / Semester                   : X / 1
Jumlah Pertemuan                : 1 x pertemuan (2 x 45’)
Standar Kompetensi     : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan, dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar        :  3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
Indikator                              :   3.- Menentukan diskriminan persamaan kuadrat
                                                    - Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat

Tujuan Pembelajaran            :   -  Siswa dapat Menentukan diskriminan persamaan kuadrat
-       Siswa dapat menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat
  1. Materi Ajar
A.    Konsep
Rumus penyelesaian persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, a ≠ 0 adalah
                                         x1,2 
misalkan D = b2 – 4ac, maka
x1,2 = 
D disebut diskriminan persamaan kuadrat. Ada baiknya dalam menyelesaikan persamaan kuadrat, nilai diskriminan (D) ditentukan terlebih dahulu.
Diskriminan dapat digunakan untuk membedakan berbagai jenis akar persamaan kuadrat. Oleh karena itu, tanpa menyelesaikan ax2 + bx + c = 0, kita dapat menentukan jenis akar-akar persamaan tersebut dengan menghitung nilai D.
·         Jika D > 0, maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar real yang berlainan.
·         Jika D = 0, maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar real yang sama.
·         Jika D < 0, maka persamaan kuadrat mempunyai akar-akar yang tidak real (atau bilangan kompleks).
B.     Fakta
Tentukan jenis akar-akar persamaan berikut tanpa menyelesaikan persamaan
1.      4x– 20x + 25 = 0
2.      5x2 + 3x + 4 = 0
3.      10 – x = x2
Jawab:
  1. 4x– 20x + 25 = 0
a = 4    ,           b = -20 ,           c = 25
D = b2 – 4ac = (-20)2 – 4(4)(25) = 0
Karena D = 0, maka persamaan kuadrat 4x– 20x + 25 = 0 mempunyai dua akar real yang sama.
  1. 5x2 + 3x + 4 = 0
a = 5    ,           b = 3    ,           c = 4
D = b2 – 4ac = (3)2 – 4(5)(4) = -71 < 0
Karena D < 0, maka persamaan kuadrat 4x– 20x + 25 = 0 mempunyai akar-akar yang tidak real.

  1. 10 – x = x2
x+ x – 10 = 0
a = 1    ,           b = 1    ,           c = -10
D = b2 – 4ac = (1)2 – 4(1)(-10) = 41 > 0
Karena D > 0, maka persamaan kuadrat 4x– 20x + 25 = 0 mempunyai dua akar real yang berlainan.

  1. Metode Pembelajaran
o   Tanya Jawab
o   Ekspositori
o   Penugasan
o   Pemberian Tugas
  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-
KEGIATAN
WAKTU
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
6
Kegiatan Awal
·  Berdoa sebelum belajar





·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
1.      Apersepsi
·      Pendidik mengajukan pertanyaan tentang pengetahuan peserta didik tentang materi yang akan dipelajari

2.      Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat
3.      Tujuan
Pendidik mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap peserta didik.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Pendidik memberikan stimulus berupa pemberian materi

·      Pendidik menyuruh peserta didik untuk mengerjakan latihan mengenai diskriminan persamaan kuadrat dan dalam pemecahan masalah

·      Pendidik membimbing peserta didik dalam mengerjakan latihan

Elaborasi
·      Pendidik meminta kepada masing-masing peserta didik untuk mencari permasalahan apa yang dapat dipecahkan dengan menggunakan diskriminan persamaan kuadrat.


Konfirmasi
·      Pendidik meminta kepada salah satu peserta didik menjelaskan permasalahan apa yang dapat dipecahkan dengan menggunakan diskriminan persamaan kuadrat






·      Pendidik melakukan observasi terhadap pekerjaan peserta didik
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari


Kegiatan Penutup
·      Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang dibahas



·      Pendidik meminta peserta didik untuk mengerjakan latihan di buku Buku paket matematika kelas X penerbit erlanggahal. 60 di rumah


·      Pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya

·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)  (religious)    






·      Peserta didik menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh pendidik













·      Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik
·      Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan oleh pendidik (rasa ingin tahu,kerja keras)






·      Peserta didik membuat permasalahan yang dipecahkan dengan menggunkan diskriminan (kreatif,rasa ingin tahu,komutatif)

·      Salah satu peserta didik menjelaskan permasalahan yang dapat dipecahkan dengan menggunakan diskriminan persamaan kuadrat (berani,percaya diri,kreatif,demokratif)


·      Peserta didik memperhatikan penguatan yang diberikan oleh pendidik

·         Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran di bawah bimbingan pendidik
·         Peserta didik memperhatikan apa yang diinstruksikan pendidik (menghargai)

·         Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik










15 menit























60 menit




















































15 menit




  1. Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.

  1. Penilaian
-        Jenis    : tugas individu
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
1.      Tentukan jenis akar-akar persamaan kuadrat berikut dan buktikan dengan mencari akar dari persamaan tersebut.
a.       2x2 – 5x + 3 = 0
b.      4x2 + 12x + 9 = 0
c.       4t2 – 3t + 4 = 0
2.      Tentukan harga m agar persamaan 2x2 – mx + 8 = 0 mempunyai dua akar real yang samal.
Kunci jawaban dan skor:
no
Kunci jawaban
Skor
1.a












1.b













1.c














2
2x2 – 5x + 3 = 0
D = b2 – 4ac = (-5)2 – 4(2)(3) = 1 > 0
Karena D > 0, maka akar-akar persamaan 2x2 – 5x + 3 = 0 adalah real dan rasional
BUKTI:
x1,2 = 
      =  
      = 
  x  =  atau x = 1
terbukti bahwa kedua akar real dan berlainan.

4x2 + 12x + 9 = 0
D = b2 – 4ac = (12)2 – 4(4)(9) = 0
Karena D = 0, maka kedua akar persamaan 4x2 + 12x + 9 = 0 adalah sama, real, dan rasional.
BUKTI:
x1,2 = 
      = 
      = 
      = -
Terbukti bahwa kedua akar real dan sama besar.
4t2 – 3t + 4 = 0
D = b2 – 4ac = (-3)2 – 4(4)(4) = -55 < 0
Karena D < 0, maka akar-akar persamaan 4t2 – 3t + 4 = 0 adalah tidak real.
BUKTI:
x1,2 = 
      = 
      = 
x =    atau   x =  
terbukti bahwa kedua akar tidak real.

2x2 – mx + 8 = 0 mempunyai dua akar real yang samal.
Maka D = 0
b2 – 4ac = 0
(-m)2 – 4(2)(8) = 0
m– 64 = 0
m2 = 64
m =  8
jadi, nilai m = 8 atau m = -8

25













25













25














25

  1. Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100

Mengetahui                                                                            Bukittinggi, Januari 2013
Kepala sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran


      ( ............................... )                                                                  ( ............................... )
NIP/NIK:………………..                                                                 NIP/NIK:…………..
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  1. Identitas
Satuan Pendidikan      : SMA
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : X / 1
Jumlah Pertemuan       : 1 x pertemuan (2 x 45)
Standar Kompetensi   : 2.Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan, dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar       : 3.Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
Indikator                     : 4.Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
  1. Materi Ajar
A.    Konsep
Jika akar-akar saling berkebalikan  maka : c = a
Jika akar-akar berlawanan    maka ; b = 0
Jika akar-akar sama maka : D = 0
Jika x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat ax2 + bx +c = 0, maka diperoleh rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya sebagai berikut:
1.     ; 
2.  
3.  
4.  
5.  
                      = 
B.     Fakta
Jika x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat x2 – 2x – 2 = 0, tentukan nilai dari:
a.       x12 + x22
b.       + 
c.       1 – 3) 2 – 3)
Jawab:
Dari persamaan kuadrat x2 – 2x – 2 = 0, maka a = 1, b = - 2, c = -2
x1 + x2 = -  = 2
x1 . x =  = -2
  1. x12 + x2= (x1 + x2)– 2x1x2
  = 22 – 2(-2)
  = 8
  1.  +  = 
 = -4
  1. 1 – 3) 2 – 3) = x1.x2 – 3(x+ x2) + 9
= -2 – 3(2) + 9
= 1



  1. Metode Pembelajaran
o   Tanya Jawab
o   Ekspositori
o   Pemberian Tugas

  1. Kegiatan Pembelajaran
Peretemuan ke-
KEGIATAN
WAKTU
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
7
Kegiatan Awal
·    Berdoa sebelum belajar




·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)

1.      Apersepsi
·      Pendidik meminta peserta didik mengerjakan PR minggu lalu untuk dibahas secara bersama
2.      Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
3.      Tujuan
Pendidik mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap peserta didik.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Pendidik melakukan Tanya jawab terhadap materi yang disampaikan

Elaborasi
·         Pendidik meminta peserta didik mengerjakan latihan mengenaimenggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
·         Pendidik membimbing peserta didik untuk mengerjakan latihan
Konfirmasi
·      Pendidik meminta  3 orang peserta didik untuk mengerjakan latihan di depan kelas
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari

Kegiatan Penutup
·      Pendidik mengadakan kuis mengenai materi yang telah dipelajari
·      Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang dibahas



·      Pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya

·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)      







·      Peserta didik mempersentasekan PR yang telah dibuat
















·      Peserta didik menjawab pertanyaan  pendidik (mendengarkan,konstruktivisme)

·      Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan oleh pendidik (tanggung jawab,rasa ingin tahu)




·      Peserta didik yang tidak mengerjakan ke depan memperhatikan (menghargai)
·      Peserta didik memperhatikan penguatan yang diberikan oleh pendidik


·      Peserta didik mengerjakan soal kuis yang diberikan
·         Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran di bawah bimbingan pendidik
·      Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik

5 menit






10 menit
























60 menit
























15 menit



















  1. Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.



  1. Penilaian
-        Jenis    : kuis
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
Akar-akar persamaan kuadrat 3x2 – 4x + 2 = 0 adalah p dan q.
Tentukan nilai dari:
a.       p + q dan pq                                              d.  + 
b.       +                                                           e.  + 
c.       p+ q2                                                            f. p3 + q3
kunci jawaban dan skor:
no
Kunci jawaban
Skor
a


b


c


d



e


f
3x2 – 4x + 2 = 0   =>  a = 3,           b= - 4,  c = 2
p + q = -  = 
pq =  = 
  +  = 
         =   = 2
p2 + q= (p+q)2 – 2pq
           = ()– 2()
           =  -   = 
 +  = 
        = 
       = 
 +  =  
                =  = 
p+ q3 = (p+q)3 – 3p2q – 3pq2
           = (p+q)– 3pq(p+q)
           =( )3 – 3()()
           =  - 
           = - 
5


5



5


5



5



5


  1. Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100


Mengetahui                                                                            Bukittinggi, Januari 2013
Kepala sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran


      ( ............................... )                                                                       ( ............................... )
NIP/NIK:………………..                                                                      NIP/NIK:…………..










RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  1. Identitas
Satuan Pendidikan      : SMA
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : X / 1
Jumlah Pertemuan       : 1 x pertemuan (2 x 45)
Standar Kompetensi   : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan, dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar       : 3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
Indikator                     :  5.   Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat
Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat
  1. Materi Ajar
A.    Konsep
Hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akarnya:
1.      Akar-akarnya kembar (x= x2)jika dan hanya jika b2 = 4ac
2.      Akar-akarnya berlawanan (x1 = -x2) jika dan hanya jika b = 0
3.      Akar-akarnya berkebalikan (x1 = ) jika dan hanya jika c =a
B.     Fakta
Tentukan nilai m jika persamaan mx2 + m2x – 2mx – 3x + 6 = 0 mempunyai dua akar yang berlawanan!
Jawab:
mx2 + m2x – 2mx – 3x + 6 = 0  mx2 + (m2 – 2m – 3) x + 6 = 0
jika dua akar persamaan berlawanan maka b = 0
m2 – 2m – 3 = 0
(m-3)(m+1) = 0
M = 3 atau m = -1
Jadi, nilai m adalah -1 atau 3
  1. Metode Pembelajaran
o   Pendekatan Tutor Sebaya
o   Tanya Jawab
o   Ekspositori
o   Diskusi
  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-
KEGIATAN
WAKTU
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
8
Kegiatan Awal
·      Berdoa sebelum belajar





·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
1.      Apersepsi
·      Pendidik mengajukan pertanyaan tentang pengetahuan peserta didik tentang materi yang akan dipelajari

2.      Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat

3.      Pendidik mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap peserta didik.
4.      Pendidik menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pembelajaran kooperatif  Tutor Sebaya).
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Pendidik membagi peserta didik menjadi 4 kelompok dimana tiap-tiap kelompok memilih salah satu anggotanya untuk dijadikan ketua kelompok (ketua kelompok yng berkemampuan tinggi)
·      Pendidik menyuruh peserta didik duduk dalam kelompoknya



·      Pendidik menyuruh tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan tentang sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat






·      Pendidik menyuruh ketua tiap-tiap kelompok untuk berdiskusi dengan pendidik mengenai sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat
·      Pendidik menyuruh ketua-ketua kelompok untuk kembali ke tempat duduknya dan ketua kelompok menerangkan kepada anggotanya apa yang didiskusikan bersama pendidik






Elaborasi
·      Pendidik melakukan observasi kepada setiap kelompok apakah materi tersebut telah dipahami oleh masing-masing kelompok.
·      Pendidik memberikan soal mengenai menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat
 pada tiap- tiap anggota kelompok
Konfirmasi
·      Pendidik memberikan penghargaan sebuah nilai bagi anggota kelompok yang benar menjawab soal dari pendidik
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari


Kegiatan Penutup
·      Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang dibahas



·      Pendidik meminta peserta didik untuk mengerjakan latihan di buku Buku paket matematika kelas X penerbit erlanggahal. 156 di rumah


·      Pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya

·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)  (religious)    




























·      Peserta didik mendengarkan pendidik (menghargai)


·      Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya masing-masing

·      Tiap-tiap kelompok mendiskusikan materi mengenai sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat
(kerja sama,demokratis)

·      Tiap-tiap ketua kelompok berdiskusi dengan pendidik (rasa ingin tahu)

·      Ketua kelompok duduk pada kelompoknya masing-masing dan menerangkan kepada anggotanya apa yang didiskusikan bersama pendidik.(percaya diri,kreatif,imaginatif)







·      Tiap-tiap anggota kelompok menjawab soal dari pendidik.(kerja keras)






·      Peserta didik memperhatikan penguatan yang diberikan oleh pendidik

·         Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran di bawah bimbingan pendidik
·         Peserta didik memperhatikan apa yang diinstruksikan pendidik (menghargai)

·         Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik


15 menit















60 menit

















60 menit































































15 menit













  1. Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.
  1. Penilaian
-        Jenis    : tugas individu
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
1.      Agar persamaan kuadrat x2 – ( m – 3 ) x + ( m + 2 ) = 0 memiliki akar kembar, maka nilai m adalah…
2.      Tentukan sifat akar dari persamaan kuadrat 7x2 – x + 7 = 0 !
Kunci jawaban dan skor:
no
Kunci Jawaban
Skor
1











2
x2 – ( m – 3 ) x + ( m + 2 ) = 0 memiliki akar kembar,
maka     b2 = 4ac
(– ( m – 3 ))2 = 4(1)(m+2)
(3 – m)2        = 4m + 8
m2 – 6m + 9 = 4m + 8
m2 – 10m + 1 = 0
m = 
    = 
    = 
    = 5 

persamaan kuadrat 7x2 – x + 7 = 0 memiliki nilai a yang sama dengan nilai c.
maka menurut hubungan antara koefisien persamaan kuadrat maka persamaan kuadrat 7x2 – x + 7 = 0 memiliki akar-akar yang berkebalikan
50












50

  1. Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100


Mengetahui                                                                           Bukittinggi,Januari 2013
Kepala sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran


     ( ............................... )                                                                    ( ............................... )
NIP/NIK:………………..                                                                 NIP/NIK:…………..





RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  1. Identitas
Satuan Pendidikan      : SMA
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : X / 1
Jumlah Pertemuan       : 2 x pertemuan (5 x 45)
Standar Kompetensi   : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan, dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar       : 4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
Indikator                     : 1. Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
  2. Menentukan persamaan dari suatu fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran   : 1.Siswa dapat menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
   2.Siswa dapat menentukan persamaan dari suatu fungsi kuadrat
  1. Materi Ajar
A.    Konsep
1.      Menyusun persamaan kuadrat
a.       Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
1)   Perkalian Faktor
Jika x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat, maka rumus persamaan kuadrat tersebut adalah sebagai berikut:
( x - x) ( x – x) = 0
2)   Menggunakan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan
Jika x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat, maka rumus persamaan kuadrat tersebut adalah sebagai berikut:
x2 – ( x+ x) x + ( x1x) = 0
b.      Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya
Jika suatu persamaan kuadrat akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya, maka persamaan kuadrat tersebut dapat ditentukan dengan menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya.
Jika  dan  merupakan akar-akar persamaan kuadrat baru yang dicari, maka untuk menyusun persamaan kuadrat dengan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya digunakan rumus sebagai berikut:
x2 – (  +  )x +  = 0
2.      Menentukan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu
a.       Menentukan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat jika diketahui titik baliknya
Persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat yang memiliki titik balik (xp,yp) adalah y = a(x – xp)2 + yp, dengan a ditentukan jika diketahui titik lain yang dilalui kurva.
b.      Menentukan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat jika diketahui titik potongnya dengan sumbu X
Persamaan kurva jika diketahui grafiknya melalui titik (p1,0) dan (p2,0) adalah:
y = a (x – p1) (x – p2)
nilai a diperoleh jika diketahui sebuah titik lain yang dilalui parabola.
B.     Fakta
1.      Tentukan persamaan kuadrat yang akar-akarnya 2 dan 
2.      Diketahui x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat dari x2 – 5x + 3 = 0.
Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya adalah 2x1 dan 2x2.
3.      Tentukan persamaan parabola, jika grafiknya mempunyai koordinat titik balik (1,4) dan melalui titik (0,3).
4.      Tentukan persamaan parabola, jika grafiknya memotong sumbu X pada titik (-3,0) dan (1,0) serta melalui titik (-2,-6)
Jawab:
1.      Dengan perkalian faktor diperoleh:
(x-x1)(x-x2) = 0
(x-2)(x-) = 0
xx +  = 0
3x– 7x +2 = 0
Jadi, persamaan kuadratnya adalah 3x– 7x +2 = 0.
2.        Dari persamaan x2 – 5x + 3 = 0 diperoleh x1 + x2 = 5 dan x1x2 = 3
Jika  adalah akar-akar persamaan kuadrat baru yang dicari, maka
  = 2x1 + 2x2
         = 2(x1 + x2) = 2(5) =10
  = (2x1)(2x2) = 4x1x2 = 4(3) = 12
Jadi, persamaan kuadrat baru yang dicari adalah
x2 – (  +  )x +  = 0
x2 – 10x + 12 = 0
3.      Grafik fungsi mempunyai koordinat titik balik (1,4) sehingga xp = 1 dan yp= 4, persamaan kurva:
y = a(x – xp)2 + y= a(x-1)+ 4   ……(1)
kurva melalui (0,3) berarti titik (0,3) memenuhi persamaan (1)
 y = a(x-1)+ 4
3 = a (0-1)2 + 4
a = -1
jadi, persamaan parabolanya adalah
             y = -1(x-1)+ 4
             y = -1(x2 – 2x + 1 ) +4
             y = -x2 + 2x + 3
4.      Grafik memotong sumbu X di titik (-3,0) dan (1,0) maka p1 = -3 dan p2 = 1 merupakan akar-akar persamaan kurva.
Persamaan kurva: y = a (x – p1) (x – p2)
y = a (x + 3) (x – 1)  ….(1)
karena grafik melalui (-2,-6) maka (-2,-6) memenuhi persamaan (1)
y = a (x + 3) (x – 1)
-6 = a(-2 + 3) (-2 – 1)
a = 2
jadi, persamaan parabolanya adalah: y = 2(x + 3) (x – 1)
y = 2(x2 + 2x – 3)
y = 2x2 + 4x – 6

  1. Metode Pembelajaran
o   Pendekatan Tutor Sebaya
o   Tanya Jawab
o   Ekspositori
o   Diskusi

  1. Kegiatan Pembelajaran









Pertemuan ke-
KEGIATAN
WAKTU
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
9




























































































































10
Kegiatan Awal
·      Berdoa sebelum belajar




·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
1.      Apersepsi
·      Pendidik meminta peserta didik mengerjakan PR minggu lalu untuk dibahas secara bersama
2.      Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
3.      Tujuan
Pendidik mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap peserta didik.
4.      Pendidik menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pembelajaran kooperatif  Tutor Sebaya).

Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Pendidik membagi peserta didik menjadi 4 kelompok dimana tiap-tiap kelompok memilih salah satu anggotanya untuk dijadikan ketua kelompok (ketua kelompok yang berkemampuan tinggi)
·      Pendidik menyuruh peserta didik duduk dalam kelompoknya
·      Pendidik menyuruh tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan tentang menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
·      Pendidik menyuruh ketua tiap-tiap kelompok untuk berdiskusi dengan pendidik mengenai menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui

·      Pendidik menyuruh ketua-ketua kelompok untuk kembali ke tempat duduknya dan ketua kelompok menerangkan kepada anggotanya apa yang didiskusikan bersama pendidik




Elaborasi
·      Pendidik melakukan observasi kepada setiap kelompok apakah materi tersebut telah dipahami oleh masing-masing kelompok.
·      Pendidik memberikan soal mengenai menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
 pada tiap- tiap anggota kelompok
Konfirmasi
·      Pendidik memberikan penghargaan sebuah nilai bagi anggota kelompok yang benar menjawab soal dari pendidik
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari


Kegiatan Penutup
·      Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang dibahas
·      Pendidik meminta peserta didik untuk mengerjakan latihan di buku Buku paket matematika kelas X penerbit erlanggahal. 151 di rumah
·      Pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya







Kegiatan Awal
·      Berdoa sebelum belajar


·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
1.      Apersepsi
·      Pendidik meminta peserta didik mengerjakan PR minggu lalu untuk dibahas secara bersama
·      Pendidik mengajukan pertanyaan tentang pengetahuan peserta didik tentang materi yang akan dipelajari
2.      Motivasi
·      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menentukan persamaan dari suatu fungsi kuadrat
3.      Tujuan
Pendidik mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap peserta didik.
4.      Pendidik menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pembelajaran kooperatif  Tutor Sebaya).

Kegiatan Inti
·      Pendidik membagi peserta didik menjadi 4 kelompok dimana tiap-tiap kelompok memilih salah satu anggotanya untuk dijadikan ketua kelompok (ketua kelompok yng berkemampuan tinggi)
·      Pendidik menyuruh peserta didik duduk dalam kelompoknya
·      Pendidik menyuruh tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan tentang menentukan persamaan dari suatu fungsi kuadrat



·      Pendidik menyuruh ketua tiap-tiap kelompok untuk berdiskusi dengan pendidik menentukan persamaan dari suatu fungsi kuadrat


·      Pendidik menyuruh ketua-ketua kelompok untuk kembali ke tempat duduknya dan ketua kelompok menerangkan kepada anggotanya apa yang didiskusikan bersama pendidik



Elaborasi
·      Pendidik melakukan observasi kepada setiap kelompok apakah materi tersebut telah dipahami oleh masing-masing kelompok.
·      Pendidik memberikan soal mengenai menentukan persamaan dari suatu fungsi kuadrat  pada tiap- tiap anggota kelompok
Konfirmasi
·      Pendidik memberikan penghargaan sebuah nilai bagi anggota kelompok yang benar menjawab soal dari pendidik
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari


Kegiatan Penutup
·      Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang dibahas
·      Pendidik meminta peserta didik untuk mengerjakan latihan di buku Buku paket matematika kelas X penerbit erlanggahal. 156 di rumah
·      Pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya


·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)      








·      Peserta didik mempersentasekan PR yang telah dibuat























·      Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik (menghargai)




·      Peserta didik duduk dalam kelompoknya

·      Peserta didik mendiskusikan tentang menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui (kerja sama,kerja keras)
·      Tiap-tiap ketua kelompok berdiskusi dengan pendidik mengenai menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui (kerja sama,kerja keras)

·      Tiap-tiap ketua kelompok kembali ke te pat duduknya dan menerangkan kepada anggota kelompoknya hingga mengerti mengenai materi yang didiskusikan dengan pendidik (tanggung jawab,kerja sama,kerja keras)    







·      Tiap-tiap anggota kelompok menjawab soal yang diberikan pendidik (kerja keras)              









·      Peserta didik memperhatikan penguatan yang diberikan oleh pendidik (menghargai)


·         Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran di bawah bimbingan pendidik

·         Peserta didik memperhatikan apa yang diinstruksikan pendidik (menghargai)


·         Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik










·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)         







·      Peserta didik mempersentasekan PR yang telah dibuat

·      Peserta didik menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh pendidik




















·      Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik (menghargai)




·      Peserta didik duduk dalam kelompoknya

·      Peserta didik mendiskusikan tentang menentukan persamaan dari suatu fungsi kuadrat (kerja sama,demokratis,komutatif)

·      Tiap-tiap ketua kelompok berdiskusi dengan pendidik mengenai menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui (kerja sama,kerja keras,demokratis)
·      Tiap-tiap ketua kelompok kembali ke te pat duduknya dan menerangkan kepada anggota kelompoknya hingga mengerti mengenai materi yang didiskusikan dengan pendidik (tanggung jawab,kerja sama,kerja keras)    







·      Tiap-tiap anggota kelompok menjawab soal yang diberikan pendidik (kerja keras)              







·      Peserta didik memperhatikan penguatan yang diberikan oleh pendidik (menghargai)


·      Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran di bawah bimbingan pendidik

·         Peserta didik memperhatikan apa yang diinstruksikan pendidik (menghargai)


·         Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik


15 menit





































105 menit




































































15 menit
















15 menit








































60 menit


































































15 menit






















  1. Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.

  1. Penilaian
-        Jenis    : tugas kelompok
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
1.      Tentukan persamaan kuadrat yang akar-akarnya 2 -  dan 2 + 
2.      Diketahui x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat dari x2 – 5x + 3 = 0.
  Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya adalah :
a.       Berkebalikan dengan x1 dan x2
b.      x1 – 4 dan x2 – 4
3.      Tentukan persamaan parabola, jika grafiknya melalui titik (0,2), (2,4), dan (3,8)
Kunci jawaban dan skor:
no
Kunci jawaban
Skor
1






2.a







2.b










3
Diketahui:
x= 2 -  dan x2 = 2 + 
x1 + x2 = 2 -  + 2 +  = 4
x1.x2 = (2 - )(2 - ) = 1
x2 – (x1+x2) x + x1.x2 = 0
x2 – 4x + 1 = 0
jadi, persamaan kuadratnya adalah x2 – 4x + 1 = 0
akar-akar yang berkebalikan dengan x1 dan x2 adalah  dan , maka
 =  +  =  = 
 =  .  = 
Jadi, persamaan kuadrat baru yang dicari adalah
x2 – () x +  = 0
x2 - x +  = 0
3x2 – 5x + 1 = 0
 = x1 – 4 + x2 – 4
           = x1 + x2 – 8
          = 5 – 8 = -3
 = (x1 – 4 )( x2 – 4)
     = x1x2 – 4 (x1 + x2) + 16
     = 3 – 4(5) + 16
     = -1
Jadi, persamaan kuadrat baru yang dicari adalah
x2 – () x +  = 0
x2 + 3x – 1 = 0
persamaan parabola y = ax2 + bx + c melalui tiga titik
grafik melalui titik (0,2) => 2 = a. 02 + b.0 + c
                                            2   = c……………….(1)
Grafik melalui titik (2,4) => 4 = a . 2+ b . 2 + c
                                                = 4a + 2b + c…………(2)
Grafik melalui titik (3,8) => 8 = a . 32 + b . 3 + c
                                             8 = 9a + 3b + c………..(3)
Dari persamaan (1), (2), dan (3) ditentukan nilai a, b, dan c sehingga didapatkan
a = 1, b = -1, dan c = 2
jadi, persamaan parabolanya adalah y = x2 – x + 2

25






25







25









25



  1. Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100

Mengetahui                                                                           Bukittinggi,Januari 2013
Kepala sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran


      ( ............................... )                                                                  ( ............................... )
NIP/NIK:………………..                                                                 NIP/NIK:…………….

















RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  1. Identitas
Satuan Pendidikan      : SMA
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : X / 1
Jumlah Pertemuan       : 2 x pertemuan (5 x 45)
Standar Kompetensi   : 2.Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan, dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar       : 5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat
  6.   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaaan kuadrat dan penafsirannya
Indikator                     : 1.    Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel,membuat model matematikanya,menyelesaikan modeknya dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut
2. Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika,mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
Tujuan Pembelajaran   : 1. Peserta didik dapat Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel,membuat model matematikanya,menyelesaikan modelnya dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut
                                                  2. Peserta didik dapat menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika,mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
Kemampuan Prasyarat: -Siswa mampu menyelesaikan persamaan kuadrat.
                                                  -Siswa mampu membuat model matematikanya


  1. Materi Ajar
A.    Konsep
Berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari maupun permasalahan dalam matematika sering menggunakan kaidah persamaan kuadrat maupun fungsi kuadrat untuk menyelesaikannya. Biasanya masalah tersebut diberikan dalam bentuk kalimat (verbal), sehingga kita perlu memahami dan menguasai strategi pemecahan masalah verbal tersebut.
Berikut adalah langkah-langkah menyelesaikan masalah verbal:
a.    Bacalah soal dengan teliti, sehingga kamu mengerti permasalahannya, yaitu mengetahui apa yang diberikan (diketahui0 dan apa yang akan ditentukan (ditanyakan)
b.    Gunakan bantuan gambar (sketsa) untuk memaparkan masalah tersebut dan berilah keterangan pada bagian-bagian yang diketahui dan yang ditanyakan
c.    Nyatakan suatu besaran yang tidak diketahui dalam suatu variabel, misalnya x, dan juga nyatakan besaran-besaran lainnya dalam .
Kemudian hubungkan variabel-variabel tersebut dalam suatu persamaan, dengan mengingat syarat-syarat berlakunya variabel
d.   Selesaikan persamaan tersebut dan periksalah jawabannya dengan memperhatikan syarat-syarat pada langkah d.
B.     Fakta
1.      Jumlah dua kali suatu bilangan dan dua kali kebalikannya adalah 5.
Tentukan bilangan tersebut!
Jawab:
Misalnya bilangan bilangan tersebut adalah x, maka kebalikan bilangan tersebut adalah  dengan syarat x ≠ 0.
Karena 3x + 2 .  = 5, dan jika kedua ruas dikalikan dengan x, diperoleh
3x– 5x + 2 = 0
 (3x – 3) (3x – 2 ) = 0
(x – 1) (3x – 2) = 0
x = 1 atau x = 
jadi, bilangan tersebut adalah 1 atau 
  1. Metode Pembelajaran
o   Pendekatan NHT (Heads number Together)
o   Tanya Jawab
o   Ekspositori
o   Penugasan
  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-
KEGIATAN
PENDIDIK
PESERTA DIDIK
11







































































































































12
Kegiatan Awal
·      Berdoa sebelum belajar
·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)
1.      Apersepsi
·      Pendidik meminta peserta didik mengerjakan PR minggu lalu untuk dibahas secara bersama
2.      Motivasi
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan model MTK yang berhubungan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari
3.      Tujuan
Pendidik mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap peserta didik.
4.      Pendidik menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pembelajaran kooperatif  NHT (Number Heads Together)).
5.      Pendidik mengecek kemampuan prasyarat dengan cara tanya jawab


Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Pendidik menginformasikan pengelompokan siswa. Setiap kelompok terdiri dari
4 sampai dengan 5, siswa dengan kemampuan akademik yang heterogen
·   Pendidik meminta kepada peserta didik untuk duduk pada kelompoknya masing-masing.
·      Pendidik membagikan LKS pada masing-masing kelompok yang mana tiap anggota kelompok mendiskusikannya (tanggung jawab,kreatif)
Elaborasi
·         Pendidik membimbing peserta didik dalam kelompok untuk membahas soal-soal yang ada di LKS tersebut.
·         Pendidik meminta dari masing-masing kelompok agar mempresentasi hasil diskusi kelompok
·         Pendidik mengecek pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan kepada kelompok dengan cara menyebut salah satu nomor yang dipunyai kelompok
·         Pendidik memberikan kuis secara individual


·         Pendidik memberikan latihan pada tiap kelompok mengenai menyelesaikan maslah matematika dalam kehidupan sehari-hari

Konfirmasi
·         Pendidik memberikan penghargaan kepada kelompok melalui skor penghargaan berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor berikutnya setelah peserta didik melalui kegiatan kelompok.
·      Pendidik memberi penguatan tentang konsep materi yang telah dipelajari
·      Pendidik memberikan tes/kuis kepada setiap peserta didik secara individual.



Kegiatan Penutup
·         Pendidik menunjuk salah satu peserta didik secara acak untuk mengemukakan pendapatnya mengenai pengalaman belajar selama menyelesaikan tugas secara individual dan kelompok dalam proses pembelajaran.
·      Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang dibahas
·      Pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya





Kegiatan Awal
·      Berdoa sebelum belajar



·      Pendidik mengabsen peserta didik (membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik serta antara sesama peserta didik)



Kegiatan Inti
Elaborasi
·      Pendidik memberikan ulangan harian sesuai dengan materi yang telah dipelajari


Kegiatan Penutup
·      pendidik menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya

·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)  (religious)    




·      Peserta didik mempersentasekan PR yang telah dibuat






























·      Peserta didik mendengarkan (menghargai)





·      Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya.

·      Peserta didik berdiskusi tentang materi yang ada di LKS yang diberi oleh pendidik.(kerja sama,demokratis,komutatif)



·      Peserta didik menjawab soal-soal yang ada di LKS tersebut.(Rasa ingin tahu,kreatif)
·      Perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempersentasikan hasil diskusinya.(oercaya diri,demokratif)







·      Peserta didik mengerjakan kuis yang diberikan oleh pendidik (kerja keras)
·      Tiap-tiap kelompok mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik.(kerja keras,kerja sama)



·         Setiap peserta didik harus mendengarkan (menghargai)







·      Peserta didik memperhatikan penguatan yang diberikan oleh pendidik
·      Peserta didik mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh pendidik.(kerja keras)




·      Peserta didik mengemukakan pendapatnya







·      Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran di bawah bimbingan pendidik

·         Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik (menghargai)







·      Peserta didik memimpin doa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah) (religious)    











·      Peserta didik mengerjakan soal ulangan yang diberikan oleh pendidik



·      Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pendidik




  1. Sumber Belajar
Buku paket matematika kelas X penerbit erlangga.

  1. Penilaian
-        Jenis    : tugas kelompok
-        Bentuk            : tes tertulis uraian singkat
-        Contoh instrumen
Selesaikan soal-soal berikut:
1.      Seorang pilot terbang sejauh 600 mil. Pada jarak yang sama, dengan menaikkan kecepatan rata-ratanya sebesar 40 mil/jam, maka ia dapat menghemat waktu 30 menit. Carilah kecepatan rata-rata yang sebenarnya!
2.      Nova dan Dhesy dapat menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama selama 4 hari. Jika Nova seorang diri dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut 6 hari lebih cepat dibandingkan jika Dhesy menyelesaikan seorang diri. Dalam berapa harikah Dhesy dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut seorang diri?
Kunci jawaban dan skor:
no
Kunci jawaban
Skor
1









2
Misalnya kecepatan rata-rata yang sebenarnya adalah x mil/jam, dengan x > 0.
Selisih waktunya = 30 menit
 +  =  jam
    1200(x + 40) – 1200x = x(x + 40)
1200x + 48000 – 1200x = x2 + 40x
                                    0 = x2 + 40x – 48000
                                    0 = (x – 200) (x + 240)
Sehingga diperoleh x = 200 atau x = -240. Dengan memperhatikan syarat x > 0, maka kecepatan rata-rata pesawat yang sebenarnya adalah 200 mil/jam.
Misalnya jumlah hari yang diperlukan Dhesy untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut seorang diri adalah x hari, maka waktu yang dibutuhkan Nova untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut seorang diri adalah x – 6, dengan syarat x > 6.
Dalam satu hari Nova dapat menyelesaikan pekerjaan . Sedangkan jika mereka bekerja bersama-sama maka dalam satu hari mereka dapat menyelesaikan  pekerjaan, sehingga
 +  = 
4(x – 6) + 4x = x(x – 6)
4x – 24 + 4x = x2 – 6x
                 0 = x2 – 14x + 24
                 0 = (x – 12) (x – 2)
                 x = 12 atau x = 2
dengan memperhatikan syarat x > 6, maka dipilih x = 12. Jadi, waktu yang dibutuhkan Dhesy untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut seorang diri adalah 12 hari.
50









50


  1. Pedoman Penilaian
Nilai (N) =  x 100

Mengetahui                                                                           Bukittinggi,Januari 2013
Kepala sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran


       ( ............................... )                                                                  ( ............................... )
 NIP/NIK:………………..                                                                 NIP/NIK:…………..




Soal Ulangan Harian:
1.      Tanpa menyelesaikan terlebih dulu, tentukan jenis akar persamaan kuadrat berikut ini:
a.       x+ 4x – 8 = 0
b.      4x2 – 12x + 9 = 0
c.       x2 + 8 = 0
2.      a. salah satu akar persamaan kuadrat x2 – 9x + (k-4) = 0 adalah dua kali akar yang lain.
Hitunglah nilai k dan akar-akar itu!
b. selisih akar-akar persamaan kuadrat x2 – 6x + 2p – 1 = 0 sama dengan 4.
Hitunglah nilai p dan akar-akarnya!
3.      a. salah satu akar persamaan kuadrat 3x2 – (p - 2)x – 12 = 0 merupakan lawan dari akar yang lain. Hitunglah niali p dan akar-akar tersebut!
b. salah satu akar persamaan kuadrat 2x2 – 5x + (m + 1) = 0 kebalikan dari akar yang lain. Hitunglah nilai m dan akar-akar tersebut!
4.      Diketahui persamaan kuadrat 2x2 – 4x – 1 = 0.
Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 1 lebihnya dari akar-akar persamaan kuadrat di atas.
5.      Dari sehelai karton persegi panjang akan dibuat sebuah kotak tanpa tutup dengan cara membuang bujur sangkar seluas 2 x 2 cm2 di masing-masing pojoknya. Jika panjang bidang alas kotak 4 cm lebih besar dari lebarnya dan isi kotak itu 90 cm3, berapakah lebar alas kotak tersebut?



Kunci Jawaban dan Skor:
no
Kunci Jawaban
Skor
1.a



1.b



1.c



2.a











2.b












3.a








3.b











4






5
x+ 4x – 8 = 0
D = b– 4ac = 42 – 4(1)(-8) = 48
Karena D > 0, maka persamaan kuadrat tersebut mempunyai dua akar riil yang berbeda. Selanjutnya karena D bukan kuadrat sempurna, maka kedua akar tersebut adalah bilangan irasional.
4x2 – 12x + 9 = 0
D = b– 4ac = (-12)2 – 4(4)(9) = 0
Karena D = 0, maka persamaan kuadrat tersebut mempunyai dua akar riil yang sama (kembar).
x2 + 8 = 0
D = b– 4ac = (0)2 – 4(1)(8) = -32
Karena D < 0, maka persamaan kuadrat tersebut tidak mempunyai akar riil.

Misalnya akar-akarnya x1 dan x2, maka
x1 + x2 = 9
karena akar yang satu dua kali akar lainnya yaitu
x1 = 2x2, maka
2x2 + x2 = 9
3x2 = 9
x2 = 3
dengan demikian x1 = 2x2 = 2(3) = 6. Selanjutnya
x1 . x2  =k – 4
6 . 3 = k – 4
18 = k – 4 , k = 22
Jadi, k = 22 dan akar-akarnya x1 = 6 atau x2 = 3
Misalnya akarnya adalah x1 dan x2 dengan x1 > x2
Selisih akar-akarnya sama dengan 4, artinya x1 – x= 4
Dari rumus jumlah akar diperoleh x1 + x2 = 6
Dengan menjumlahkan kedua persamaan di atas diperoleh
2x1 = 10
x= 5
dari x– x= 4 diperoleh x= x– 4 = 5 – 4 = 1
selanjutnya kita gunakan rumus hasil kali akar, yaitu
x1 . x2 = 
5 . 1 = 2p -1
5 = 2p – 1
p= 3
jadi, p = 3 dan akar-akarnya x1 = 5 atau x2 = 1
karena akar-akarnya berlawanan, maka x1 = -x2 . dengan rumus jumlah akar diperoleh
x+ x= - 
-x2 + x2 = - 
0 = 
p = 2
karena p = 2, maka 3x2 – 12 = 0
3x2 = 12   , x = 
Jadi, nilai p = 2 dan akarnya adalah x1 = 2 atau x= -2
Karena akar-akarnya berkebalikan, maka x1 =  . dengan rumus perkalian akar diperoleh
x1 . x
  . x
m = 1
karena m = 1, maka
2x2 – 5x + 2 = 0
 (2x – 4) (2x – 1) = 0
  . 2 (x – 2)(2x – 1) = 0
x = 2 atau x = 
jadi, nilai m = 1 dan akarnya x1 = 2 atau x2 = 
persamaan kuadrat baru dalam y mempunyai akar y = x + 1 atau
x = y – 1. Dengan cara substitusi kita peroleh
2(y-1)2 – 4(y-1) – 1 = 0
2(y2 – 2y + 1) – 4y + 4 – 1 = 0
2y2 – 4y + 2 – 4y + 3 = 0
2y2 – 8y + 5 = 0 atau
2x2 – 8x + 5 = 0
Misal lebar kotak = (x – 4), maka
Panjang kotak = x
Isi kotak = x(x – 4)2 = 90
2x2 – 8x = 90
2x2 – 8x – 90 = 0
x– 4x – 45 = 0
(x – 9) (x + 5) = 0
X = 9 atau x = -5 (tidak memenuhi)
Jadi, lebar alas kotak = (x – 4) = (9 – 4) =5 cm

20












20
























20




















20





20
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


n
i


Tidak ada komentar:

Posting Komentar